Sekilas Tentang Olah Raga Futsal

Sejarah futsal

Futsal, saat ini menjadi salah satu olah raga yang sangat populer, terlebih di kalangan anak muda, baik di luar negeri maupun di dalam negeri sendiri. Olah raga ini adalah olah raga permainan bola yang bisa dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing anggotanya sebanyak lima orang. Masing-masing tim harus berusaha memasukkan bola ke gawang lawannya untuk bisa memenangkan pertandingan. Selain pemain inti, terdapat juga pemain cadangan untuk masing-masing tim. Permainan futsal dilakukan di dalam ruangan (indoor) dengan garis sebagai pembatas lapangan futsal.

Istilah ‘futsal’ adalah istilah secara internasionalnya yang berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis yaitu futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan). Selain itu, futsal memiliki banyak istilah yang berbeda-beda di beberapa tempat.

Olah raga futsal yang populer

Sejarah Futsal

Awalnya, futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Permainan bolah ini dianggap unik sehingga menyita perhatian di seluruh Amerika Selatan, khususnya di Brasil. Bahkan banyak pemain Brasil yang mengembangkan keterampilan dalam permainan bola ini dan menjadi gaya khas mereka di luar ruangan.

Sebut saja Pele, salah satu bintang sepak bola terkenal dari Brasil yang mengembangkan bakatnya di futsal. Selain itu Brasil menjadi pusat futsal dunia. Permainan ini sekarang sudah dimainkan di bawah naungan perlindungan Federation Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa, Amerika, Afrika, Asia dan Oseania.

Paraguay adalah negara pertama yang berhasil menjuarai kejuaraan pertandingan futsal yang pertama kali diadakan pada tahun 1965 dan mendapat Piala Amerika Selatan pertama. Pertandingan futsal selanjutnya diselenggarakan hingga tahun 1979 dan Brasil berhasil menjadi juara bertahan pada pertandingan tersebut. Pada tahun 1980 dan 1984, Brasil juga berhasil menjadi juara serta mempertahankan gelar juaranya dan mendapatkan Piala Pan Amerika pertama.

FIFUSA memiliki peran penting atas terselenggaranya kejuaraan dunia futsal pertama di Sao Paulo pada tahun 1982. Pertandingan tersebut, Brasil berhasil menjadi juara pertama. Saat itu anggota FIFUSA belum bergabung dengan FIFA. Anggota FIFUSA bergabung dengan FIFA pada tahun 1989. Pada Kejuaraan Dunia Kedua yang diselenggarakan pada tahun 1985 di Spanyol, Brasil kembali berhasil menjadi juara pertama. Namun, pada Kejuaraan Dunia Ketiga diadakan di Australia pada tahun 1988, Brasil berhasil dikalahkan oleh Paraguay.

Pada bulan Desember 1985, diselenggarakanlah pertandingan futsal internasional pertama di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California, AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>